Step by Step Cara Shrink Resize Hardisk di Linux ~ GParted

Cara Mudah Partisi Hardisk di Linux Mint/ Ubuntu menggunakan GParted - Step by Step Cara Shrink Resize Hardisk di Linux ~ Gparted. Partisi merupakan jalan satu-satunya untuk memisahkan file pekerjaan kita dengan file sistem sebuah sistem operasi. Panduan singkat ini akan menjelaskan cara partisi hardisk di Linux, untuk mengenal jenis-jenis partisi yang digunakan Linux silahkan baca Membuat Partisi Hardisk Untuk Instalasi Linux

Step by Step Cara Shrink Resize Hardisk di Linux ~ GParted

Berikut ini cara shrink atau resize hardisk Linux dengan aman menggunakan GParted. Dalam tutorial belajar Linux kali ini akan disajikan sebuah kasus:


Karena ruangan file system hampir penuh, maka akan diambilkan ruangan hardisk dari partisi logikal lainnya.  Pada gambar diatas, mount point / yang ada flag nya boot atau /dev/sda2 sudah hampir penuh maka kami akan melakukan pengurangan terhadap /dev/sda3 dan menambahkannya ke dalam  /dev/sda2 (anggaplah partisi unallocated sebesar 24.07 GiB diatas belum ada)

Step by Step Cara Shrink Resize Hardisk di Linux 

Pastikan anda memiliki DVD berisi installer Linux atau bisa juga GParted Live ISO, Cara resize nya adalah sebagai berikut :

1. Masukkan DVD Linux dan lakukan Live CD booting, jika menggunakan GParted Live ISO masukkan DVD atau USB nya (jika belum tahu caranya klik disini)

2. Jika sudah sampai desktop Linux, Buka GParted (ketikkan di terminal sudo gparted dan masukkan password Linux anda)

3. Pastikan anda melakukan unmount pada drive yang akan di resize untuk menghindari data rusak atau data corrup dengan Klik kanan pada drive yang akan di resize ( /dev/sda3 ) dan pilih Unmount.

4. Klik Kanan pada drive yang akan di resize tersebut (drive yang sudah di Unmount) pilih Resize/Move. Jendela baru akan muncul. Masukkan ukuran (24 GB) yang akan ditambahkan ke dalam file system

5. Drive baru akan muncul bernama unallocated, drive ini bisa dimanfaatkan untuk menambah ukuran hardisk yang akan ditambah ukurannya.

6. Selanjutnya klik kanan pada drive yang akan ditambah ukurannya ( /dev/sda2 ) dan pilih Resize/Move. Maksimalkan ukuran ruang kosong yang tersedia dengan menggeser slider ke kanan atau ke kiri sehingga tidak bisa bergerak lagi. Klik OK

7. Tekan tombol centang pada toolbar GParted untuk mengeksekusi task yang sudah dilakukan. Tunggu sampai proses selesai karena Linux akan melakukan pemindahan file system ke sektor baru dari sektor lama.

8. Selesai dan selamat mencoba. Resize lah hardisk anda dengan hari-hati karena jika terjadi kesalahan human error bisa-bisa data yang ada di hardisk anda hilang.

Artikel Terkait

Step by Step Cara Shrink Resize Hardisk di Linux ~ GParted
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email